Monday, April 11, 2011

Cooking Class ala Magnum Cafe


Meski bukan seorang pemasak ulung atau canggih, saya kadang suka memasak. Masih sebatas masak yang gampang-gampang, seperti sayur sop, sayur bening, goreng ikan, masak air, masak nasi. Pengin sih, masak yang canggih-canggih seperti emak-emak blogger yang tergabung dalam Klub Berani Baking (KBB), tapi kurang percaya diri.

Biar lebih pede, kadang saya ikut cooking class yang diadakan oleh milis-milis memasak atau tempat kursus masak. Salah satu kegiatan cooking class yang baru-baru saya ikuti adalah Cooking Class di Magnum Cafe di Grand Indonesia, West Mall, Level 5.

Undangan ikut Cooking Class Magnum Cafe with Chef Aldo Volpi berasal dari seorang blogger terkenal, Tikabanget. Cuma 4 orang blogger yang diundang. Alhamdulillah saya bersama Mbak Ajeng, Ucai dan Chika datang sebagai perwakilan dari Kopdar Jakarta.

Jumat sore, 8 April, di tengah hujan deras, saya tiba di Grand Indonesia West Mall. Begitu tiba di area level 5, saya kaget dengan antrian panjang untuk masuk ke Magnum Cafe. Saya pikir lokasi cooking class di cafe yang tengah menjadi perbincangan warga Jakarta itu. Duh, tepat waktu saja ngantri panjang, apalagi telat nih, pikir saya.

Malas mengantri, saya bermaksud menunggu kedatangan teman-teman blogger lain. Saya lalu berkeliling cafe, dan saat melihat seorang pria bule berpakaian ala chef, saya yakin itu adalah lokasi cooking classnya, terpisah dari Magnum Cafe, meski masih di areal yang sama.  Ternyata Mbak Ajeng, sudah datang lebih dulu dan mengambil tempat duduk di barisan terdepan, strategis. Saya pun duduk di sampingnya.

foto chikastuff.wordpress.com
 
Cooking Class bersama Chef Aldo Volpi, Executive Chef Magnum Cafe, merupakan rangkaian event “Magnum La Festa Italiana” yang diselenggarakan manajemen Magnum Cafe selama bulan April, untuk para pecinta es krim di Indonesia.

Setelah seluruh peserta Cooking Clas Magnum Cafe, hadir, dengan dibantu Chef Hugo Adrian, Che Aldo mendemo tiga varian menu favorit di Magnum Cafe, yaitu Waffle de Aristocrat, Crown Jewel dan Honey Palais du Royale.

Pertama, Chef Aldo membuat waffle de aristocrat yang merupakan kombinasi waffle magnum ice cream dengan cracked chocolate dan roated caramelized banana. Dengan cekatan, Chef Aldo mengolah adonan waffle, lalu memanggangnya. Tidak sampai 20 menit, waffle sudah matang dan siap di-mix dengan bahan olahan lainnya seperti caramelized banana, Magnum Almond ice cream, almond caramel, egg roll, choco rice, truffle ice cream, danMagnum melted chocolate caramel sauce. Dan, siap disajikan.

Surprised, setiap peserta Cooking Class Magnum Cafe mendapatkan waffle de aristocrat, untuk dimakan sepuasnya. Hmmm, nikmatnya tak terkira. Gratis, magnum ice cream, siapa yang mau nolak!

Sambil mencicipi varian pertama, Chef Aldo kembali mendemonstrasikan pembuatan varian favorit kedua, Crown Jewel, yang merupakan Magnum Grand Glass dengan tiga rasa Magnum stick, buah, chocolate dipped strawberries dan egg cylinder crunch.

Tidak butuh waktu lama untuk mengolah bahan-bahan menjadi makanan jadi. Sekitar 15 menit, Crown Jewel siap disajikan dan kembali dibagikan kepada para peserta. Saat pembagian terjadi keseruan, karena banyak peserta belum menghabiskan Waffle de Aristocrat, sementara penampilan Crown Jewel sangat mengundang untuk dicicipi.

Kehebohan di Cooking Class Magnum Cafe kembali terjadi saat varian favorit ketiga, Honey Palais du Royale, siap disajikan setelah dikerjakan oleh Chef Aldo. Bayangkan saja, dua menu masih terpatah-patah menghabiskannya karena porsinya yang lumayan besar, sudah ada satu lagi menu favorit, yang mengundang selera.

Ah sayang, saya datang sendirian, kalau bawa Lily dan Kayla, pasti bisa mencicipi ketiga varian yang disajikan. Walau bertubuh ekstra besar, saya hanya mampu menghabiskan porsi Waffle de Aristocrat, yang sangat enak, enak, enak. Crown Jewel tidak bisa dinikmati, sementara Honey Palais, cuma mencicipinya sedikit, supaya tahu bagaimana rasanya.

Chef Aldo Volpi merupakan chef asal Italia, yang tak hanya memiliki bakat memasak hebat, tetapi juga passion dan semangat kerja yang membuatnya terus berkarya. Bagi para pecinta kuliner, khususnya pecinta es krim, Magnum Cafe mempersembahkan Magnum La Festa Italiano, festival makanan dan budaya Italia selama bulan April 2011. Dan, jangan sampai dilewatkan karena Magnum Cafe hanya ada sampai bulan Mei 2011.

No comments: